Minggu, 20 November 2011

menjadi astronaut di NASA??? hmmm...gimana caranya ya?

kamu bercita-cita jadi seorang astronot ?. Siapkan diri kamu dari sekarang !. Bukan sesuatu yang tidak mungkin,kalo kamu punya semangat tinggi serta belajar sungguh-sungguh untuk meraih cita-cita tersebut,impian kamu untuk menjadi seorang astronot jadi kenyataan. Seorang astronot adalah gabungan sebuah karir,teknologi keren serta petualangan. Tetapi menjadi astronot di program luar angkasa AS tidak mudah, dan prosesnya bisa memakan waktu beberapa tahun.
Adapun syarat-syarat dasar untuk menjadi astronot meliputi:


* berkewarganegaraan AS (khusus untuk pilot dan spesialis misi)
* bergelar Sarjana teknik,biologi,fisika dan matematika dari perguruan tinggi terakreditasi atau
* Tiga tahun pengalaman dengan program terkait setelah mendapatkan gelar sarjana – Gelar master sama dengan satu tahun pengalaman, dan gelar doktor sama dengan tiga tahun.
* lulus dalam pemeriksaan NASA – untuk Pilot harus lulus Kelas I fisik; misi / spesialis muatan harus lulus Kelas II. Keduanya mirip dengan ujian penerbangan sipil dan militer.
* Untuk Pilot: berpengalaman lebih dari 1.000 jam terbang sebagai pilot dalam sebuah pesawat
* tinggi badan 162,5 cm sampai 193 cm untuk pilot,tb 148,5 cm sampai 193 cm untuk misi.


Untuk melamar menjadi seorang astronot, seseorang diharuskan mengisi formulir yang sesuai dan kemudian diserahkan kepihak NASA . Setelah pengajuan kamu diterima oleh fihak NASA,kemungkinan NASA akan memanggil sipelamar dalam rentang waktu satu minggu untuk wawancara pribadi, tes medis dan orientasi. Semua kinerja pelamar akan disaring dan dievaluasi, dan jika beruntung, seorang pelamar tersebut mungkin diterima sebagai calon astronot. NASA mengumumkan calon astronot setiap dua tahun, memilih sekitar seratus laki-laki dan perempuan dari ribuan pelamar
Selama periode pelatihan, seorang pelamar yang lulus diwajibkan mengambil kelas dalam ilmu dasar. Diantaranya : matematika, astronomi, fisika, geologi, meteorologi dan oseanografi,serta sistem ruang, teknologi (navigasi, mekanika orbital, bahan pengolahan), dan antar-jemput. Juga akan dilatih dalam teknik survival darat dan laut, SCUBA, gayaberat mikro, lingkungan tinggi dan tekanan rendah, dan pakaian ruang. Selain itu,calon astronot akan diuji berenang dengan panjang kolam renang 25 meter dengan berpakaian terbang dan sepatu tenis, dan berjalan menapak didasar kolam selama 10 menit. Jika melamar untuk jadi seorang pilot , akan dilatih dipesawat jet T-38 milik NASA dan pesawat ulang-alik pelatihan minimal 15 jam setiap bulan,serta misi spesialis terbang empat jam setiap bulan. Pada akhir periode pelatihan selama dua-tahun, seorang pelamar yang lulus mungkin akan dipilih menjadi astronot,setelah itu pelatihan akan dilanjutkan pada berbagai aspek operasi pesawat ruang angkasa dengan dimulai sebagai kandidat astronot dengan bantuan seorang instruktur. Kemudian akan dilatih di simulator untuk pra-peluncuran, peluncuran, orbit, masuk dan mendarat. Tergantung pada apakah seseorang mengambil spesialis pilot atau misi,maka dari itu seorang calon astronot akan diberi pelajaran bagaimana menggunakan lengan robot pesawat untuk memanipulasi kargo,selanjutnya dilanjutkan pelatihan generik sampai layak untuk dipilih menjadi seorang astronot.
Setelah terpilih dalam misi penerbangan,seorang calon astronot akan menerima pelatihan khusus untuk misi setidaknya 10 bulan sebelum penerbangan. Ini termasuk pelatihan dalam simulator penerbangan, maket skala penuh dari stasiun antar-jemput dan ruang, dan pelatihan di bawah air untuk simulasi berjalan diruang angkasa nantinya.
Ada tiga jenis astronot dalam program luar angkasa AS:


* Komandan / pilot
* Misi spesialis
* Payload spesialis
Komandan bertanggung jawab atas misi, kru dan kendaraan. Pilot membantu komandan dalam mengoperasikan kendaraan dan menggunakan satelit. Spesialis misi bekerja dengan komandan dan pilot dalam operasi antar-jemput, melakukan spacewalks dan melakukan eksperimen. Spesialis muatan melaksanakan tugas khusus sebagai misi .
So,belajarlah sungguh-sungguh dari sekarang !! Siapa tau kamu sukses jadiseorang astronot pertama bagi orang Indonesia.

7 komentar:

  1. Hi,Im just asking, I don't wanna be an astronaut but I wanna be an astronomer in NASA, so how to become an astronomer in NASA?? I Love Astronomy too, and I'm a full-of-curiosity person, that's why I love astronomy, because there are still many things that unknown yet :)if you wanna email me, this: luchaa_jewliie@ymail.com or sterren_stralen@hotmail.com

    PLEASE REPLY,I NEED IT SO MUCH, MORE THAN ANYTHING (EXCEPT PLAYING DRUM LOL)

    BalasHapus
  2. I like to astronaut...!!! this is my ambition...
    at junior high school until senior high school, I want to become astronaut...
    evEry day,, I Search infomation in Internet, I search how to become astraunot...

    BalasHapus
  3. I certainly could be an astrounot,because there god in my heart

    BalasHapus
  4. omg, I love NASA much!! NASA's great

    BalasHapus
  5. aku pengen bgt jdi astronaut walau aku masih kelas 6 aku bertekad bisa pergi ke jupiter

    BalasHapus
  6. My final destiny is become an astronaut...going to anywhere I want to.
    Explore the whole space...think about it ... and learn so much things.
    and finally, realize that Allah is the only one creator of the spaces.

    BalasHapus