Sabtu, 01 Oktober 2011

wahana antariksa part 1

kali ini aku mau ngebahas tentang wahana antariksa apollo sama soyuz nih
simak yakk.... :D

1.wahana antariksa apollo
Wahana antariksa Apollo dirancang sebagai bagian dari Program Apollo oleh Amerika Serikat pada awal dasawarsa 1960-an untuk mendaratkan manusia di bulan sebelum 1970 dan memulangkan mereka kembali ke bumi dengan selamat. Target ini ditetapkan oleh Presiden Kennedy setelah penerbangan pertama Program Mercury. Wahana antariksa Apollo terdiri dari berbagai unit atau tingkat (stage) yang bekerja sama menjalankan misi pendaratan bulan dan kembali dengan selamat ke bumi. Komponen utama dari wahana ini berturut-turut dari bagian atas ke bawah adalah sistem penyelamatan peluncuran (launch escape system), modul komando (command module), modul layanan (service module), modul bulan (lunar module), dan penyesuai modul bulan (lunar module adapter).
Seluruh unit ini akan diletakkan di atas kendaraan peluncuran. Kendaraan peluncuran untuk Apollo adalah Little Joe II, Saturn I, Saturn IB, dan Saturn V.
Cara kerjanya kurang lebih adalah suatu roket akan meluncurkan wahana ke bulan dan wahana ini akan terbang menuju bulan dan mengorbit mengelilinginya. Bagian dari wahana ini selanjutnya akan kembali ke bumi.

2.wahana antriksa soyuz
Soyuz (Союз, persatuan) adalah sebuah rangkaian pesawat luar angkasayang dirancang oleh Sergey Korolev untuk program luar angkasa Uni Soviet.
Soyus melanjutkan rancangan pesawat Voskhoddan awalnya dibangun sebagai bagian dari program Luna. Pesawat-pesawat Soyuz diluncurkan dengan roket Soyuz, sebagai bagain dari program Soyuz dan program Zond yang lebih baru.
Pesawat-pesawat Soyuz kemudian digunakan untuk mengangkut para kosmonot dari dan ke stasiun luar angkasa Salyut, Mir dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Peluncuran pertama pesawat Soyuz tak berawak adalah pada tanggal 28 November 1966 sementara penerbangan berawak pertamanya terjadi pada 23 April 1967.

0 komentar:

Posting Komentar