Sabtu, 01 Oktober 2011

mengapa sisi bulan yang terlihat dari bumi selalu sama?

astro lovers...
kalianpernah mikir nggak
kenapa ya sisi bulan yang terlihat dari bumi selalu sama.padahal kan bulan sama  bumi sama sama berotasi?

kali ini aku bakal ngasih jawaban untuk pertanyaan itu
ini jawabannya
Alasan bahwa sisi lain dari Bulan tidak pernah terlihat dari bumi adalah karena bulan berputar pada porosnya sekali dalam jumlah yang sama persis dengan waktu yang diperlukan untuk mengitari Bumi. Jika laju rotasi yang sedikit berbeda dibandingkan laju revolusi, kita akhirnya bisa melihat seluruh permukaan bulan.

Karena massa Bumi mendominasi sistem Bumi-Bulan, bulan mengalami efek 'pengereman' yang lebih besar. Seiring waktu, rotasi bulan telah semakin melambat sampai tingkat rotasi pertandingan tingkat, hingga sebuah keseimbangan tercapai,

Harga rotasi bumi melambat dari waktu ke waktu akibat gaya pasang surut bulan-dibuat, tetapi efek pengereman jauh lebih kecil - agar disinkronkan dengan sempurna, Bumi perlu untuk berputar hanya sekali per siklus lunar, atau sekitar setiap 29,5 hari. Maka bulan akan selalu di tempat yang sama di langit, dan terlihat dari hanya satu sisi Bumi, tapi ini tidak terjadi. Dalam sistem planet tertentu, misalnya Pluto dengan Charon keduanya terkunci terkunci satu sama lain.

nah,sekarang udah tau kan.kalo ada yang masih penasaran,comment aja ya :D

0 komentar:

Posting Komentar