Sabtu, 01 Oktober 2011

wahana antariksa part 2

3.wahana antariksa new horizon
New Horizons adalah nama sebuah wahana antariksa tak berawak NASA yang dirancang untuk terbang melewati Pluto dan bulan/satelit-satelitnya. New Horizons diharapkan akan dapat mengirimkan foto-foto Pluto dan satelitnya dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat sebesar hampir 500 kilogram.
New Horizons dijadwalkan akan melintasi seluruh bagian tata surya selama sembilan tahun sebelum terbang ke Pluto dan satelitnya, Charon, pada 2015. Jika berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat pertama yang mengunjungi planet tersebut. Di dalam New Horizons terdapat tujuh peralatan ilmiah yang dirancang untuk memberikan berbagai petunjuk mengenai keadaan permukaan Pluto, susunan dalam, serta atmosfernya.
Selain melintasi Pluto, para perencana misi ini juga berharap NASA menyetujui rencana penerbangan lanjutan melewati Objek Lingkaran Kuiper (Kuiper Belt Object) dan mengirimkan data tambahan.
New Horizons awalnya direncanakan dapat diluncurkan pada 11 Januari 2006, namun ditunda hingga 17 Januari (lalu kemudian ditunda lagi hingga 19 Januari2006) agar beberapa pengujian lanjutan dapat dilakukan terhadapnya. Peluncurannya dilaksanakan menggunakan sebuah roket Atlas V.

4.wahana antariksa messenger
Pesawat Messenger milik Badan Antariksa Amerika (NASA) menjadi pesawat antariksa pertama dalam sejarah yang berhasil mengorbit Merkurius, planet terdalam dalam tata surya.

Hampir tujuh tahun setelah Messenger meninggalkan bumi, NASA mengatakan pesawat ini mulai memasuki  proses orbit pada hari Jumat, 18 Maret, pukul 8:45 WIB.

Pesawat antariksa ini menyalakan mesin pendorongnya selama sekitar 15 menit untuk cukup lambat penerbangannya supaya dapat ditangkap oleh gravitasi Merkurius dan masuk ke orbit, di mana wahana ini akan tetap tinggal di sana selama sedikitnya setahun. Messenger bermisi untuk mengumpulkan data tentang karakteristik dan lingkungan hidup dunia kecil penuh teka-teki ini.
Begitu Messenger mulai mengorbit Merkurius, NASA akan menggunakan beberapa inggu berikutnya untuk menguji secara seksama sistem dan instrumen pesawat itu. NASA ingin memastikan semuanya bisa bertahan menghadapi panas yang membakar di lingkungan dekat matahari itu sebelum tahap ilmiah misi itu dimulai Senin, 4 April.
Para ilmuwan tertarik mempelajari lebih lanjut tentang sejarah geologi dan medan magnet Merkurius, komposisi intinya dan mengetahui apakah ada air beku di dua kutubnya.

Pada saat tugasnya selesai, pesawat Messenger akan begitu saja keluar dari orbit dan jatuh ke permukaan Merkurius.

5.wahana antariksa stardust
Stardust adalah sebuah wahana angkasa antarplanet Amerika Serikat yang diluncurkan pada 7 Februari 1999 oleh NASA. Tujuannya adalah untuk menyelidiki bahan pembentuk komet Wild 2 dan komanya.
Stardust mendekati Wild 2 pada 21 Januari 2004. Pada penerbangan tersebut dia mengumpulkan contoh debu komet dari koma komet tersebut dan mengambil foto dari nukleusnya yang tertutup es. Stardust kembali ke bumi pada 15 Januari 2006 untuk mengantarkan contoh dari komet tersebut dalam sebuah kapsul. Pada saat kembali ke bumi, wahana ini bergerak dengan kecepatan 12,9 km/detik (28.860 mil per jam) yang membuatnya benda buatan manusia tercepat saat memasuki atmosfir bumi. Kapsul Stardust yang berisi sampel pertama dari komet yang berhasil kembali ke bumi sekarang disimpan di hanggar Michael Army Air Field. Selama misinya, Stardust telah menempuh lebih dari 4 miliar mil dan mengorbit matahari sebanyak tiga kali.
Pesawat ini juga mendekati asteroid 5535 Annefrank dalam jarak 3.300 km pada 2 November 2002 dan mengambil beberapa foto.
Donald Brownlee, dari Universitas Washington, adalah penyelidik utama untuk misi Stardust.

mungkin hanya segitu aja aku bisa ngasih contoh contoh wahana antariksanya.di lembar berikutnya aku akan membahas tentang jenis jenis wahana antariksa

Gambar yang diambil dari pesawat Messenger, menunjukkan sebagian permukaan planet Merkurius.
ASSOCIATED PRESS
Gambar yang diambil dari pesawat Messenger, menunjukkan sebagian permukaan planet Merkurius.

0 komentar:

Posting Komentar